Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Cara merawat laptop/tips merawat laptop agar laptop tetap awet

Dijaman modern sekarang ini laptop atau komputer jinjing semakin dibutuhkan oleh sebagian besar kalangan masyarakat,,
hampir semua pelajar, mahasiswa, pekerja kantor, menggunakan laptop,, karena lebih simple dari pada komputer duduk..
dibawah ini saya mencoba menulis Cara merawat laptop/tips merawat laptop agar laptop tetap awet dalam jangka waktu yg lama..
01. Jangan letakan laptop diatas sound system. jauhkan dari medan magnet yang kuat. karena bs merusak layar LCD dan perangkat lainya
02. Hindarkan laptop dari sinar matahari langsung dan pastikan laptop selalu diletakkan pada permukaan yang rata.
03. kerusakan laptop yang paling umum terjadi pada harddisk dan LCD display/layar. Kerusakan harddisk diakibatkan benturan atau terjatuh. Kerusakan LCD biasanya karena terpapar sinar matahari dan tekanan fisik.
04. bersihkanlah laptop dari debu.. apabila komponen laptop terkena debu,bs menghambat kinerja laptop.
05. Gunakanlah selalu tas laptop/soft case ketika sedang bepergian atau hendak dibawa.
06. Jangan sekali-sekali meletakkan benda berat di atas laptop.
07. Jauhkan laptop dari anak kecil yg blm mengerti cara pengunaan laptop.
08. Rawatlah baterai laptop, jangan sampai bocor karena dapat merusak slot baterai.
09. listrik padam atau gangguan tegangan dapat terjadi sewaktu-waktu, gunakanlah Uninterruptible Power Supply (UPS). untuk menghindari gangguan tegangan.
10. Jika ada kerusakan yg terjadi pada hardware, jangan mencoba untuk membongkar sendiri. Sebaiknya serahkan ke service-center terdekat.
11. Ketika hendak mengangkat laptop yang sedang terbuka, jangan mengangkat sambil memegang pada bagian display/layar,angkatlah pada bagian bawah keyboard.
12. Apabila lapto digunakan melebehi dari 2 jam, sebaiknya laptop dinyalakan tanpa battery dan sebaliknya menggunakan adaptor langsung. karena apabila laptop dinyalakan bersamaan dengan battery di charger, bs mengakibatkan kebocoran pada battery..
13. Jika battery Laptop akan disimpan dalam jangka waktu yang lama, biasakan untuk full charge battery terlebih dahulu, untuk jenis battery litium biasanya akan turun kapasitasnya sekitar 1% perhari
14. Masukan steker ke stop kontak terlebih dahulu sebelum adaptor disambungkan ke laptop, karena agar tegangan yg masuk tertahan dahulu di adaptor dan menghindari percikan api pada steker,,
Semoga cara diatas bs membantu anda dalam merawat laptop..

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar