tips agar laptop tp awet

Laptop sangat memerlukan perawatan yang ekstra, supaya tetap dalam kondisi baik dan tidak bermasalah. Bagi yang sering beraktifitas di luar ruangan panas matahari dan debu nampaknya akan lebih banyak 'mampir' belum lagi kotoran pada umumnya seperti air atau remah-remah makanan sering kali terselip di sela-sela laptop. Jika kita ingin membuatnya awet, tahan lama dan jauh dari masalah, berikut ini tujuh tips yang patut Anda tiru:

1. Kibor tetap bersih
Karena sering disentuh, bagian ini merupakan bagian yang paling cepat kusam dan kotor. Jika memang Anda risih, sebelum mengetik, siapkan penutup kibor, lapisan tipis yang bisa menutup tuts kibor Anda tanpa mengganggu saat Anda mengetik. Alhasil, remah-remah dan kotoran lain tidak akan mungkin menyelinap ke sela-sela kibor.

Tetapi jika Anda ingin membersihkan, silakan siapkan kuas dan sapukan ke sela-sela tombol untuk mengeluarkan kotoran. Namun, Anda bisa menggunakan vacuum cleaner portabel yang banyak tersedia di toko-toko aksesoris komputer dan biasanya berkoneksi USB. Bersihkan permukaan tombol kibor dengan kain yang dibasahi cairan pembersih kaca.

2. Layar
Gunakan pembersih kaca khusus dan jangan gunakan cairan pembersih yang lain. Semprotkan pada kain yang halus dahulu baru kemudian melapnya pada layar laptop. Jangan ditujukan langsung pada layar LCD (Liquid Crystal Display) karena akan membuatnya berbekas. Cara membersihkannya pun ada aturan. Bersihkanlah dengan satu arah, misalnya dari kiri ke kanan, atau dari atas ke bawah. Dan ingat, jangan menekannya terlalu keras.

3. Hindari panas matahari
Ingat, jangan meninggalkan notebook di dalam mobil, karena selain mengundang orang untuk mencurinya, mobil yang diparkir di bawah panas matahari akan meningkatkan suhu di dalam mobil dan dampaknya bisa merusak komponen-komponen laptop.

4. Menghindari goresan
Jauhkan notebook dari benda-benda yang tajam. Usahakan menaruh lapisan pelindung berupa kain atau busa sebelum menutup laptop. Karena tombol kibor yang keras, bisa merusak monitor si laptop. Dan jika ingin bepergian, sebaiknya gunakanlah tas khusus notebook. Karena tas ini biasanya didesain untuk keamanan notebook itu sendiri. Biasanya terdapat beberapa sekat yang dapat membuat aman notebook dari goresan dan tekanan.

5. Hindari medan magnet
Demi keamanan data dalam laptop, sebaiknya hindarkan dari benda-benda yang mengandung medan magnet/elektromagnetik yang kuat dari sekitar laptop. Contoh peranti yang mengandung magnet kuat misalnya speaker yang tidak berpelindung (unshielded speaker system) atau bisa juga telepon selular (ponsel). Kalau Anda ingin mengakses internet menggunakan ponsel melalui infrared, letakkan ponsel dalam jarak sekitar 15 cm dari laptop.

6. Case cemerlang
Tangan yang ternoda bisa mengakibatkan case notebook tak secemerlang ketika kita membelinya dulu. Untuk membersihkannya, kita bisa menggunakan deterjen tanpa zat alkalin yang dicampur dengan air. Atau kalau tidak mau repot pakai saja pembersih multiguna yang biasa digunakan peranti elektronik. Dan biasanya isinya berupa busa. Semprotkan ke kain lap lembut, kemudian gosok secara perlahan permukaan case.

7. Menyimpan notebook
Bila Anda akan menyimpan notebook dalam waktu yang lama, sebaiknya lepaskan baterai dan simpan dalam tempat yang sejuk dan kering, serta bersirkulasi udara cukup baik. Letakkan silikon gel untuk menghindari jamur. Begitu ingin menggunakannya kembali, setrum baterai dengan cara mengisi dan mengosongkan sepenuhnya sebanyak tiga kali berturut-turut.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar