Mengolah Barang Bekas Menjadi Barang Bermanfaat

Barang bekas, sekilas adalah barang tidak berguna atau barang sisa yang tidak menghasilkan apa-apa. Oleh sebab itu, umumnya kita langsung membuang begitu saja barang bekas tersebut ke dalam tong sampah. Berakhirlah “karier” barang bekas di tempat pembuangan akhir.
Pernahkah terpikir oleh kita untuk mengolah barang bekas menjadi barang yang lebih bermanfaat?
Hal tersebut bisa kita lakukan di rumah. Hanya dengan mengumpulkan barang bekas, kita bisa menghasilkan uang. Dengan kata lain, dari sampah menjadi duit.
Sebuah "profesi" yang lumayan. Apalagi, untuk ibu rumah tangga. Selain sebagai kegiatan tambahan agar tidak jenuh dengan rutinitas ibu rumah tangga, juga sebagai tambahan penghasilan yang bisa membantu perekonomian keluarga.
Mudah dan Murah
Sebenarnya, mengolah barang bekas menjadi barang yang lebih bermanfaat tidak perlu teknis atau keahlian khusus. Yang diperlukan hanyalah kemauan dan keterampilan. Kemauan berasal dari diri sendiri, sedangkan keterampilan bisa kita pelajari.
Ambil yang paling mudah saja dulu. Misalnya, kita sebagai ibu rumah tangga ingin mengubah koran atau kertas bekas menjadi sesuatu yang lebih berguna. Mengapa kita pilih koran atau kertas bekas?
Karena itu adalah sampah rumah tangga yang paling banyak kita jumpai. Hampir setiap rumah tangga memiliki sampah jenis tersebut.
Bila memiliki cukup banyak koran atau kertas bekas, Anda bisa membuat kerajinan rumah tangga yang bermanfaat. Yang harus dilakukan terlebih dahulu tentunya adalah mengumpulkan koran atau kertas bekas.
Bila persediaan di rumah kurang mencukupi, Anda bisa membelinya dari tetangga. Setelah terkumpul cukup banyak, barulah Anda bisa mengolahnya.
Bagaimana Cara Mengolahnya?
Cukup mudah dan murah. Sebagai tahap awal, Anda bisa melakukannya sendiri. Nanti, bila bisnis daur ulang tersebut sudah cukup menghasilkan, mungkin Anda bisa mempekerjakan orang lain.
Langkah mengolah barang bekas berupa koran adalah merendam koran-koran bekas tersebut hingga luluh lantak dan tidak berbentuk koran lagi. Tidak perlu membeli bahan baku, bukan?
Karena bahan bakunya sudah bisa kita dapatkan secara gratis dari koran bekas ini. Kalaupun harus membeli (punya tetangga), harganya tidak mahal.
Yang perlu dibeli hanyalah kanji. Ya. Tepung kanji ini nantinya akan diolah dengan bubur koran tersebut. Tepung kanji dengan jumlah yang disesuaikan dengan jumlah koran bekas tersebut kita rebus. Jangan lupa mengaduknya secara rata. Setelah cukup kental (tidak sampai menjadi lem), kita tinggal memasukkan bubur koran.
Terakhir, kita bisa membentuk adonan koran dan kanji tersebut menjadi bentuk yang kita suka dan kita bisa. Misalnya, tempat pensil, tempat lilin, tempat uang, dan lain-lain. Mudah dan murah, bukan?
Siapapun bisa membuatnya, termasuk Anda.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar