Menyulap Plastik Bekas Menjadi Lampion

Kreativitas ternyata memberikan banyak keuntungan bagi setiap orang, salah satunya adalah kreativitas kerajinan dari plastik bekas. Plastik bekas yang semula hanya dibuang dan dibiarkan teronggok di tempat sampah, ternyata bisa disulap menjadi berbagai macam kerajinan yang bernilai seni tinggi. Salah datu kerajinan dari plastik bekas yang memiliki nilai ekonomis tinggi adalah lampu lampion. Salah satu orang yang telah menikmati manisnya bisis lampu lampion dari plastik bekas adalah Bob Novandy . Ia adalah seorang Pengrajin lampions daur ulang botol minuman bekas di Kebon Jeruk, Jakarta Barat yang sudah menjalankan bisnis daur ulangnya sejak tahun 2003 lalu.

Kerajinan Lampu Lampion Dari Barang Bekas
Kerajinan Lampu Lampion
Peluang bisnis produk-produk daur ulang merupakan bisnis yang cukup menggiurkan. Bisnis kerajinan bahan bekas ini tidak perlu modal besar, yang diperlukan dalam bisnis ini hanyalah kreativitas yang tinggi.
Saat ini Bom dengan kreativitasnya telah memproduksi kurang lebih 150 jenis bentuk botol daur ulang dengan harga per buahnya mulai dari Rp 50.000 sampai Rp 500.000. Beberapa produk seperti lampions dengan berbagai macam ukuran, tirai-tirai rumah, miniatur kendaraan ia produksi sendiri dari tangannya yang sangat terampil. Ia mengaku, saat ini semua produksi lampions daur ulangnya diproduksi jika ada pesanan saja. Produksi lampionsnya setidaknya sudah menembus pasar Hongkong.Pasar untuk kerajinan lampion dari plastik bekas ini antara lain cafe, perumahan, lokasi kost dan lain-lain.
Untuk menghasilan produk-produk kerajinan dari plastik bekas yang bernilai tinggi hanya memerlukan bahan baku dari lapak-lapak pemulung. Harga bahan baku botol plastik bekas rata-rata Rp 4000 per kg atau sekitar 10 botol, yang bisa diolah menjadi satu produk lampions.Selain bahan-bahan tersebut tidak memerlukan modal usaha yang besar, hanya botol bekas, cutter dan pilox untuk mewarnai.
Bob, Pengrajin Lampion Dari Plastik Bekas
Bob, Pengrajin Lampion Dari Plastik Bekas
Dengan peralatan dan bahan-bahan dasar tersebut sudah bisa dilakukan pembuatan kerajinan lampu lampion yang menarik. Cara pembuatan lampu lampion pertama kali botol dibersihkan, buat garis samar untuk jalur pemotongan baru dipotong sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Setelah itu warnai dengan piloks dan pasang lampu serta kabel ,langkah terakhir membentuk lampion dari irisan-irisan yang telah dibuat. Dalam sehari Bob bisa membuat sekitar 15 buah lampion.
Ingin berkolaborasi dengan Pak Bob, bisa datang ke:
Bob`s Lampion
Jl. Jeruk Manis no. 59
Kebun Jeruk
Jakarta Barat
Telp : (021) 44626255


Sumber:
1.http://www.kontan.co.id/index.php/nasional/news/7276/Benderang-Laba-dari-Lampion-Barang-Bekas
2. http://www.detikfinance.com/read/2010/03/19/072752/1320829/480/terangnya-bisnis-lampions-daur-ulang-botol-bekas

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar